Senin, 05 November 2012

Jalan Khusus Angkutan Batu Bara Siap Digunakan

Metrotvnews.com, Palembang:Jalan khusus angkutan batu bara di Sumatra Selatan siap digunakan. Jalur sepanjang 116 kilometer tersebut telah selesai dibangun.

Kepala Dinas Pertambangan dan Energi Sumsel Robert Heri di Palembang, Senin (5/11), mengatakan dalam waktu dekat ini jalan khusus tersebut akan diresmikan selanjutnya bisa dilalui truk khusus angkutan batu bara.

"Mulai Januari 2013 semua angkutan batu bara dilarang melalui jalan umum, karena telah tersedia jalan khusus untuk angkutan salah satu komoditas andalan ekspor nonmigas Sumsel itu," katanya.

Jalan khusus batu bara tersebut akan melalui Lahat menuju dermaga Lematang, Kabupaten Muaraenim yang akan melewati beberapa perlintasan. Namun, kata dia, jalur tersebut juga akan diberlakukan pembatasan beban angkutan untuk menjaga kualitas jalan supaya tidak cepat rusak.

"Mengenai pengaturan beban angkutan sendiri, diserahkan kepada pihak perusahaan yang membangun," kata dia.

Menurut dia, di sepanjang jalan tersebut juga disiapkan pos penjagaan untuk mengontrol angkutan batu bara.

Sebelumnya, Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Sumsel, Sarimuda, mengatakan berdasarkan hasil tinjauan pihaknya ke lokasi beberapa waktu yang lalu memang secara umum jalan tersebut telah selesai, tetapi ada beberapa titik dalam tahap pengerasan.

Pihaknya memastikan jalur khusus yang dibangun itu tidak akan mempengaruhi jadwal pengoperasiannya.

"Saat ini memang masih ada pekerjaan ringan, tetapi rencana sampai akhir tahun 2012 selesai," ujar dia.(Ant/DNI) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar